Blog Official Eko Rudianto yang membahas tentang Blogger , Makalah, Artikel , Religi, Wisata dan lain-lain

Wednesday, August 27, 2014

Komponen Komponen Komputer Lengkap Dengan Penjelasannya

Eko Rudianto Blog's - Komponen komponen komputer merupakan bagian yang ada di dalam komputer itu sendiri. Ketika anda menggunakan komputer jenis desktop atau laptop, mungkin anda belum mengenal dengan baik komponen-komponen yang ada di dalam serta diluar dan bagaimana semua itu bekerja. Di artikel ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai komponen komputer yang dapat anda lhat atau sentuh, disebut dengan hardware atauperangkat keras. 
System Unit  
Ini merupakan bagian inti dari sebuah komputer. Disebut dengan otak komputer dan biasanya mempunyai bentuk berupa kotak persegi panang yang ditempatkan di samping komputer atau di bawah komputer anda. Komponen komputer ini juga terdapat di dalam laptop atau notebook, namun keberadaannya tidaklah sebesar komputer desktop dan berada langsung di body laptop atau notebook itu sendiri.
Di dalam system unit, anda akan mendapati beberapa komponen penting. Penjelasannya dapat dilihat melalui kalimat-kalimat berikut ini:

Power Supply 
Power supply merupakan komponen komputer yang melakukan suplai daya bagi sebuah komputer. Untuk mencukupi kebutuhan daya, maka power supply yang digunakan haruslah mempunyai kapasitas yang sesuai sehingga komputer mampu bekerja secara maksimal. Ada banyak kasus terjadi, dimana komputer sering mati secara tiba-tiba karena power supply yang digunakan tidaklah sesuai. 

Motherboard 
Motherboard merupakan komponen yang berupa papan sirkuit dengan fungsi sebagai tempat berbagai jenis komponen elektornik seperti processor, video card, sound card, harddisk, dan masih banyak lagi. Komponen elektronik tersebut saling terhubung dan motherboard yang menghubungkannya satu sama lain. 

Mikroprosesor 
Mempunyai bentuk berupa sebuah chip kecil yang sangat berguna untuk menjalankan perintah dari pengguna. Bisa dikatakan, ini merupakan otak dari komputer anda, semakin baik kualitas processor anda, maka semakin tinggi kecepatan komputer anda. 

RAM 
RAM adalah komponen komputer yang mempunyai fungsi untuk menampung data setelah terproses oleh processor. Sebelum data dialirkan ke bagian-bagian yang seharusnya, maka data tersebut ditampung menggunakan RAM. Secara umum, fungsi RAM merupakan media penyimpanan yang bersifat sementara serta digunakan hanya ketika sebuah komputer menyala. 

Harddisk 
Tempat penyimpanan komputer yang utama adalah Harddisk. Kapasitas harddisk saat ini muncul dengan variasi kapasitas mulai dari 250 GB, 500 GB, 1 Tera, bahkan hingga 3 Tera. Harddisk biasa disingkat dengan nama HDD. 

Optical disk drive 
Biasa dikenal dengan istilah CD/DVD ROM. Ini adalah perangkat yang bisa anda gunakan ketika ingin menulis serta membaca CD/DVD. Di dalam optical drive terdapat komponen berupa CD-ROM drive, CD-RW drive, DVD-ROM drive, dan DVD-RW driver

VGA 
VGA atau Video Graphic Adapter merupakan sebuah kartu grafis serta merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi mengolah data grafis sebelum data tersebut ditampilkan ke dalam monitor. 

Selanjutnya adalah komponen komputer yang berada di luar system unit. Komponen tersebut mencakup mouse, keyboard, speaker, printer, dan masih banyak lagi. Silakan baca dan semoga bermanfaat.

Mouse 
Mouse merupakan sebuah perangkat kecil yang berfungsi sebagai penunjuk dan pemilih pada komputer anda. Mouse digunakan untuk mengarahkan kursor sehingga anda dapat melakukan pilihan dan klik terhadap program-program komputer. Dikatakan sebagai mouse karena bentuknya menyerupai tikus, yaitu kecil, lonjong, serta terhubung dengan kabel panjang. 

Mouse mempunyai dua jenis tombol yaitu tombol klik kiri dan tombol klik kanan. Kemudian, diantara kedua tombol tersebut, anda akan melihat sebuah roda yang bisa digunakan sebagai scroll bar layar komputer anda.

Keyboard  
Keyboard adalah perangkat yang anda gunakan untuk mengetik teks dan angka pada komputer anda. keyboard secara umum terbagi ke dalam tiga jenis tombol yaitu tombol fungsi yang berada di bagian paling atas mulai dari f1 hingga f12. Kemudian, tombol selanjutnya adalah tombol teks dan angka yang berada di bagian utama keyboard, bagian atas, dan bagian kanan. 

Monitor
Monitor mempunyai sebutan sebagai screen atau bisa juga dibilang display karena fungsinya menampilkan hasil kerja komputer. Secara umum, fungsi dari monitor adalah menampilkan video atau informasi grafis yang dihasilkan oleh komputer. Untuk menampilkan video tersebut, maka monitor menggunakan kartu grafis atau VGA card.

Bentuk fisik dari monitor hampir sama dengan televisi. Perbedaannya adalah televisi mampu menampilkan sebuah resolusi gambar yang lebih tinggi ketimbang monitor. 

Komponen komponen komputer di atas biasanya dimiliki oleh setiap komputer. Sebagai informasi tambahan, saya ingin memberikan komponen tambahan yang sebaiknya anda juga tahu. Berikut informasi tambahannya khusus untuk anda. 

Uninterruptable Power Supply (UPS) 
Komponen komputer ini biasa disebut sebagai baterai cadangan. Fungsi utamanya adalah melakukan penyimpanan serta menyediakan cadangan listrik. Sesuai namanya yaitu baterai cadangan, UPS digunakan sebagai sumber daya alternative ketika listrik padam. Selain itu, UPS juga dikenal dengan fungsinya sebagai stabilizer yang mampu mengatur aliran listrik sehingga sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan oleh sebuah komputer. 

Printer  
Printer merupakan alat yang mempunyai fungsi untuk mencetak dokumen eletronik baik dalam bentuk teks maupun grafis. Dengan adanya printer, kita dapat melihat hasil cetakan secara fisik dan bukan hanya berbentuk data seperti yang ada di layar monitor. Untuk memberikan hasil fisik, maka printer memerlukan tinta serta kertas sebagai pemindai

Scanner 
Berbeda dengan printer, scanner melakukan fungsi terbalik. Alat ini mempunyai fungsi untuk menginput data dalam bentuk fisik menjadi data elektronik dengan tujuan dapat diolah melalui sistem kerja digital. Jadi, misalkan anda mempunyai sebuah dokumen hasil print, kemudian anda ingin mengubah dokumen fisik tersebut ke dalam bentuk soft-copy agar bisa diolah kembali di dalam komputer. Maka, anda harus menggunakan scanner untuk membuatnya menjadi data digital sehingga dapat diolah. 

Speaker  
Sesuai dengan namanya, speaker mempunyai fungsi sebagai penghasil suara dari dalam komputer. Alat ini mampu mengeluarkan suara yang keras sehingga lebih banyak digunakan ketika komputer memutar musik dan film. Selain speaker, kita temui pula headset atau earphone yang juga berfungsi sebagai output suara namun hanya khusus untuk telinga kita saja. 

Sound Card (Kartu Suara)  
Merupakan sebuah komponen komputer yang mempunyai fungsi sebagai penghubung dari sebuah komputer dengan alat output audio seperti speaker dan earphone.

Modem  
Di era ini, penggunaan internet semakin banyak. Selain menjamurnya warung internet, modem juga tampak mulai meluas penggunaannya. Modem merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk mengakses internet yang saat ini hampir dipasarkan oleh setiap provider di Indonesia. 

LAN Card  
LAN card mempunyai fungsi sebagai sebuah penghubung antara satu komputer dengan komputer lainnya di dalam sebuah jaringan.
 
Sekian posting dari saya tentang Komponen Komponen Komputer Lengkap Dengan Penjelasannya. Mohon Maaf bila ada kesalahan kata, Semoga postingan ini dapat Bermanfaat bagi anda dan kita semua.


http://wisatatelukkiluan.com

G+

2 comments:

Tour & Travel Lampung

Copyright © Eko Rudianto Blogs Sponsored by Wisata Teluk Kiluan | Powered by Blogger