Blog Official Eko Rudianto yang membahas tentang Blogger , Makalah, Artikel , Religi, Wisata dan lain-lain

Sunday, March 6, 2016

Fakta Nyata Keistimewaan Lumba-Lumba

Eko Rudianto Blogs - Ikan Lumba-lumba merupakan jenis mamalia laut yang paling cerdas. Kebanyakan masyarakat masih menyebutnya Lumba-lumba dengan sebutan ikan Lumba-lumba. Sebab hewan ini hidup dan berenang di air layaknya seekor ikan. Padahal sebenarnya Lumba-lumba merupakan mamalia atau satwa menyusui, seperti kambing atau sapi. Namun, yang membedakan Lumba-lumba hidupnya di air.

Kata “lumba-lumba” biasanya mengacu pada hewan Cetacea/Mamalia laut dalam famili Delphinidae (lumba-lumba laut) dan Platanistoidea (lumba-lumba sungai). Tapi yang paling umum “lumba-lumba” mengacu pada spesies lumba-lumba hidung botol (Tursiops sp). Lumba-lumba hidung botol adalah famili lumba-lumba laut/Delphinidae.

Lumba-lumba adalah mamalia laut yang fleksibel dengan kondisi lingkungan air yang ada, sehingga habitat Lumba-lumba adalah setiap perairan yang ada di dunia. Lumba-lumba dapat dijumpai dimana saja, diseluruh lautan tropik dan juga dalam lautan sub tropik. Namun ada juga sebagian spesies Lumba-lumba yang lebih menyukai untuk tinggal di habitat perairan pantai atau coastal dan sebagian Lumba-lumba yang lain berada di lautan bebas atau oseanik. Jika di indonesia kita bisa melihat lumba-lumba di Bali dan Teluk Kiluan Lampung (www.wisatatelukkiluan.com).

Bahkan ada juga yang hidup di laut kutub. Tidak hanya itu lumba-lumba ada juga yang tinggal di sungai, seperti lumba-lumba amazon (Inia geoffrensis). Atau Lumba-lumba seperti paus pembunuh (Orcinus orca) yang hidup di lautan seluruh dunia, lautan tropis sampai lautan tundra, baik kutub utara atau kutub selatan.

Rob Howes, penjaga pantai Selandia Baru dan tiga temannya tengah berenang di laut. Tiba-tiba, sekumpulan lumba-lumba jenis hidung botol mengepung mereka. Lumba-lumba memukul-mukulkan ekornya ke air. Howes heran, mengapa para lumba-lumba berprilaku ganjil?

Ternyata, ada ikan hiu raksasa sepanjang kira-kira tiga meter. Jika hiu menyerang, tamatlah riwayat mereka karena mereka jauh dari pantai. Ajaibnya, sekumpulan lumba-lumba berkawan dengan manusia. merek mengelilingi mereka seolah-olah memberi perlindungan. Lumba-lumba itu beraksi sekitar 40 menit, sampai ikan hiu pergi.



Untuk mengetahui lebih lanjut kecerdasan dan kemahiran dari Lumba-lumba serta fakta yang ada, berikut ulasannya :
 

1. Lumba-lumba Bisa Berkomunikasi dengan Manusia

Beberapa Lumba-lumba dapat memahami hingga 60 kata dan dapat membuat hingga 2.000 kalimat. Fakta yang sangat mengejutkan bukan di bandingan simpanse yang jauh mahir, itulah mengapa Lumba-lumba mendapat predikat hewan yang pintar juga.
 

2. Suka Membonceng atau Mengikuti Kapal Berlayar

Lumba – lumba senang berenang sambil beratraksi ria dan lompat di tengah laut. begitu sebuah speed boat lewat di sekitar mereka, mereka mengikuti mereka dapat mencapai kecepatan 28 km/jam. Namun, ketika ada objek berada di sekitar mereka seperti perahu atau speed boat. Maka kecepatan lumba – lumba dapat bertambah. Hal ini terjadi karena pada saat mengikuti speed boat yang sedang berjalan dapat menciptakan gelombang tekanan air dan membuat arus sehingga lumba – lumba tertarik untuk mengikuti arus tanpa mengeluarkan energi mereka. Jadi dengan begitu mereka hanya membonceng melalui media arus tanpa berenang dengan menggunakan tenaga mereka.
 

3. Lumba-lumba Mampu Mendeteksi Bom dan Ranjau di Laut

Nah seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa Angkatan Laut Amerika menggunakan Lumba-lumba untuk mendeteksi bom dan ranjau di bawah laut itu memang benar. Ini adalah fakta, untuk keperluan tersebut, Lumba-lumba dilatih oleh tim khusus dari Angkatan Laut Amerika hingga mahir untuk mendeteksi keberadaan ranjau dan bom yang dinilai membahayakan di wilayah-wilayah laut tertentu. Oleh karena itu Lumba-lumba sangat diandalkan dibandingkan dengan teknologi yang ada.
 

4. Lumba-lumba Tertidur Dengan Mata Tetap Terbuka

Lumba-lumba dapat terus terjaga tanpa mengalami kelelahan maupun keletihan akibat terus berenang meraungi lautan. Namun tahukah anda jika mamalia satu ini ketika tidur ia tidak menutup mata seperti hal hewan yang lainnya. Mata Lumba-lumba terus terjaga karena ia harus selalu waspada terhadap keadaan sekelilingnya. Karena sewaktu-waktu bisa saja si Lumba-lumba dimangsa oleh pemangsa yang lebih besar darinya. Oleh karena itulah mata Lumba-lumba tertidur dengan mata yang masih terbuka.
 

5. Lumba-lumba Bisa Hidup di Air Tawar

Sebagian besar species lumba-lumba hidup di laut. Namun ada kalanya dari beberapa jenis yang terdapat dari lima jenis spesies lumba-lumba yang hidup di sungai berair deras. Biasanya Lumba-lumba air tawar dapat ditemukan di Asia Selatan, sungai Yangtze (China) dan sungai Amazon dan Orinoco (Amerika Selatan).
 

6. Dapat Membantu Nelayan Mencari Ikan

Lumba-lumba sering berkerumun di sekeliling kapal nelayan sembari berloncatan. Mereka sebenarnya sedang menuntun ikan-ikan masuk ke dalam jaring nelayan. Bahkan di Brazil, ada lumba-lumba hidung botol memberi tanda ketika jaring nelayan telah penuh dengan ikan.
 

7. Lumba-lumba Dapat Hidup Sampai Umur 48 Tahun

Sebagian para ahli biologi kelautan mengatakan setuju bahwa semasa hidup lumba-lumba adalah 20 tahun. Namun, ada beberapa yang mengatakan juga bahwa lumba-lumba dapat mencapai umur 48 tahun.
 

8. Terdapat Lumba-lumba yang Berwarna Pink

Mungkin terdengar aneh memang dan unik, namun faktanya terdapat di sungai Amazon. Lumba-lumba ini memiliki warna merah muda atau pink. Kabarnya pula, jenis yang satu ini cukup sulit untuk ditemui, namun untungnya kami punya foto yang cukup jelas untuk menggambarkan Lumba-lumba pink tersebut.


Berikut keistimewaan Lumba-Lumba yang ditayangkan oleh Trans TV dalam acara Berita Islami Masa Kini


Itulah posting dari saya tentang Fakta Nyata Keistimewaan Lumba-Lumba. Mohon maaf bila ada kesalahan kata, semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda dan kita semua. 


http://wisatatelukkiluan.com

G+

0 komentar:

Post a Comment

Tour & Travel Lampung

Copyright © Eko Rudianto Blogs Sponsored by Wisata Teluk Kiluan | Powered by Blogger