Blog Official Eko Rudianto yang membahas tentang Blogger , Makalah, Artikel , Religi, Wisata dan lain-lain

Tuesday, October 21, 2014

Cara Memperkecil Ukuran Foto Dengan Mudah

Eko Rudianto Blog's - Cara Memperkecil Ukuran Foto Dengan Mudah – Salam hangat sobat blogger sekalian, ukuran foto secara default menyesuaikan dengan spesifikasi alat yang kita gunakan untuk mengambil foto tersebut. Ukuran foto ketika kita mengambil gambar menggunakan kamera Hp akan berbeda dengan kamera DSLR, mengapa demikian? Hal tersebut bisa terjadi karena besar pixel yang digunakan di handphone berbeda dengan pixel yang ada di kamera DSLR. Biasanya ukuran foto dari sebuah handphone (Galaxy Ace 5 MP) biasanya dikisaran 2-4 MB sedangkan kamera DSLR (Seri Standar) bisa sampai 6 MB. Terkadang kita memerlukan hasil foto yang harus memiliki ukuran kecil. Biasanya untuk diupload dan digunakan untuk mendaftar Ujian, Wisuda, Kirim Email atau yang lainnya. Pada tulisan kali ini, saya ingin membahas bagaimana cara memperkecil ukuran foto menjadi 100 kb atau lebih kecil lagi dengan cara yang mudah.

Cara Memperkecil Ukuran Foto Dengan Mudah


Ada beberapa cara untuk memperkecil ukuran foto, bisa menggunakan program seperti Photoshop atau program bawaan Windows seperti paint. Logikanya, untuk memperkecil ukuran foto, tentunya kita harus mengurangi panjang dan lebar foto tersebut, namun harus tetap proporsional atau tetap seimbang sesuai bentuk aslinya.


Pengalaman saya membuka rental komputer, banyak pelanggan yang menginginkan ukuran fotonya diperkecil untuk dikirim via email. Pelanggan tersebut sudah mencobanya, namun hasilnya kurang memuaskan. Ada yang hasilnya yang tidak proporsional, ukurannya terlalu kecil dan lainnya. Oleh karena itu, kali ini saya akan berbagi informasi mengenai cara memperkecil ukuran foto.


Langkah pertama kita ambil sampel foto yang akan kita perkecil ukurannya. Berikut ini contoh foto dengan ukuran 1.10 MB dan dimensi 1600 x 1200. 



Terdapat 2 cara yang biasa saya lakukan, pertama menggunakan progam paint dan kedua menggunakan program photoshop. Keduanya dapat memperkecil ukuran foto, namun program photoshop memiliki sedikit keunggulan karena memang photoshop merupakan aplikasi khusus untuk editing foto. Baik, kita coba bahas satu persatu.

Cara Memperkecil Ukuran Foto Menggunakan Paint


1. Langkah pertama silahkan buka program paint yang ada di komputer sobat.

2. Kemudian Open file atau foto yang akan sobat perkecil ukurannya.

3. Pilih menu Resize seperti gambar berikut ini. 


Ketika memilih menu Resize, maka akan muncul dialog box seperti contoh gambar di atas. Kita disuruh memilih melakukan Resize berdasarkan persentase atau pixel. Saran saya, lebih baik menggunakan pixel agar ukuran foto bisa sesuai permintaan karena terkadang kita diharuskan memperkecil ukuran foto dengan syarat maksimal dimensi (pixel) sekian x sekian. Nah, dengan memilih berdasarkan pixels, sobat bisa dengan mudah memperkecil ukuran foto yang sobat inginkan.

Kemudian, pada dialog box juga terdapat pilihan “Maintain aspect ratio”, pilihan ini memungkinkan kita untuk mengatur ukuran dimensi apakah tetap proporsional atau tidak. Maksudnya, jika pilihan tersebut di centang, ketika kita mengganti nilai horizontal maka secara otomatis nilai vertikal akan berubah mengikuti ukuran foto yang sobat inginkan, begitu juga sebaliknya ketika nilai vertikal yang diganti, maka nilai horizontal juga berubah. Mencentang pilihan “Maintain aspect ratio” sangat saya sarankan agar foto tidak terlalu lebar atau tinggi. So, silahkan dicentang pilihan “Maintain aspect ratio”


Setelah sobat ganti ukuran Horizontal atau Vertikal, silahkan klik ok dan Save As .JPEG.


PERHATIAN!!!


Jangan lupa untuk melakukan Save As, jangan langsung Save (ctrl+s) saja karena file asli akan langsung ditimpah tanpa pemberitahuan dan kita bisa kehilangan file Foto Original kita.


Berikut ini hasil memperkecil ukuran foto menggunakan paint. 


Size atau ukuran foto berubah dari 1.10 MB menjadi 117 KB. Dimensinya pun berubah dari 1600 x 1200 menjadi 500 x 375. Kalau kita perhatikan, faktor utama yang mempengaruhi ukuran foto adalah dimensinya, semakin kecil dimensi maka semakin kecil pula ukuran foto. Namun, jika kita menggunakan program photoshop, meskipun dimensi sama, kemungkinan ukuran foto dapat berbeda. Mengapa demikian? Hal tersebut dimungkinkan karena pada saat menyimpan foto di Photoshop akan ada pilihan kualitas Image, so jika kita memilih yang rendah maka ukuran akan menjadi kecil, sedangkan jika memilih kualitas tinggi maka ukuran foto akan lebih besar. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak cara memperkecil ukuran foto menggunakan Photoshop.

Cara Memperkecil Ukuran Foto Menggunakan Photoshop


1. Langkah pertama silahkan sobat buka program Photoshop yang sobat miliki.

2. Open file atau foto yang akan sobat perkecil ukurannya.

3. Pilih menu Image >> Image Size, maka akan muncul dialog box seperti di bawah ini. 


Layaknya memperkecil ukuran foto menggunakan paint pada bahasan sebelumnya, Photoshop juga memberikan pilihan apakah ukuran dimensi akan dibuah berdasarkan pixel atau percent. Bedanya Photoshop menggunakan menu dropdown. Sedangkan untuk menu “Maintain aspect ratio” pada Paint, di Photoshop berubah menjadi “Constrain Proportions”. Fungsinya sama, sama-sama mengubah ukuran namun tetap proporsional (seimbang). Sebagai contoh, silahkan ubah menjadi 500 seperti contoh di bawah ini dan klik Ok.  

4. Lakukan Save As .JPEG dengan Image Quality “Maximum” atau 12 dan hasilnya sebagai berikut. 


Hasil memperkecil ukuran foto menggunakan Photoshop dari 1.10 MB menjadi 94.3 KB.


Kesimpulan:


Dari kedua hasil percobaan di atas, ukuran foto jika diperkecil menggunakan paint akan lebih rendah atau kecil dibandingkan Photoshop. Namun, ketika sobat teliti lebih jauh dan bandingkan hasil resize maka hasil gambar yang diperkecil menggunakan Photoshop lebih halus. Mengapa demikian? Hal tersebut terjadi karena pada saat kita melakukan Saving dan memilih Image Quality “Maximum” maka hasil bisa lebih maksimal dan lebih bagus. Photoshop sendiri mampu menghasil ukuran yang lebih rendah tergantung Image Quality yang kita inginkan.

Sekian posting dari saya tentang Cara Memperkecil Ukuran Foto Dengan Mudah. Selamat mencoba Mohon Maaf bila ada kesalahan kata, Semoga postingan ini dapat Bermanfaat bagi anda dan kita semua.


http://wisatatelukkiluan.com

G+

4 comments:

  1. Hai malam kak maaf mau tanya bagaimana jika says tidak mempunyai aplikasi Photoshop?maaf agak sedikit gaptek jadi ga paham cara mendownload aplikasi photoshop.terima kasih sebelumnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake aplikasi Paint bawaan windows kalo gitu

      Delete
  2. Terimakasih pak artikel nya sangat membantu.

    ReplyDelete

Tour & Travel Lampung

Copyright © Eko Rudianto Blogs Sponsored by Wisata Teluk Kiluan | Powered by Blogger